Rabu, 30 Desember 2015

Handphone Nokia Symbian Yang Pernah Berkuasa di Dunia Ponsel

Kembali lagi di mungkinperluandaketahui.blogspot.co.id . Masih ingat kan saya pernah membahas Macam Macam Sistem Operasi di Handphone?. Nah sekarang saya akan membahas tentang Sistem Operasi Symbian. Berikut sedikit pembahasan tentang sistem operasi Symbian . "Dunia selalu berputar, kadang kita dibawah dan kadang pula di atas". Kata-kata itulah yang sering terdengar diucapkan oleh para penggemar ponsel Symbian, meskipun dilanda perasaan kecewa namun kenyataan tetap saja harus diterima. Betapa tidak? mengingat di akhir kuartal ke-IV 2012 vendorNokia secara resmi telah mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan dan pabrikan OS Symbian dan tidak akan digunakan lagi pada ponsel Nokia kedepannya. Sebagai cendra mata selamat tinggal dari Symbian, pada awal kuartal ke-IV Nokia meluncurkan Nokia 808 PureView. Tidak tanggung-tanggung, Nokia 808 PureView dilengkapi dengan kamera 41 Megapixel.

Bahkan sampai saat ini, belum ada ponsel yang mampu menandingi kemampuan kamera Nokia 808 PureView. Semoga kenang-kenangan Nokia 808 PureView mampu mengobati para penggemar Symbian yang akan ditinggal untuk selamanya. Beranjak dari ulasan tadi, maka pada kesempatan ini Admin ingin mengajak Anda untuk mengenang kembali dimana masa-masa kejayaan Symbian masih sangat terasa. Kita akan mencoba menelusuri 10 Nokia Symbian yang pernah menguasai popularitas dunia ponsel. Berikut urutannya saya uraikan satu persatu :

1. Nokia N95 (April 2007)
N95 adalah salah satu pencapaian terbaik Nokia pada puncak kejayaannya. Fitur-fiturnya yang lengkap dan mumpuni membuatnya dipuji tinggi dalam berbagai review kala itu.
Kameranya yang berkekuatan 5 megapixel termasuk yang terbaik pada zamannya. Dan juga mampu merekam video dalam kualitas lumayan.
Boleh dibilang, N95 superior di sektor multimedia. Ditambah lagi dengan fasilitas perpetaan yang baik dan kapabilitas game memadai.

2. Nokia E71 (September 2008)
Tahun 2008, ancaman iPhone semakin nyata. Namun Nokia masih mampu berbicara banyak, salah satunya dengan kehadiran Nokia E71.
Dengan balutan material metal dan bodi nan tipis, handset ini memancarkan aura elegan. Ditambah lagi fitur-fiturnya yang mumpuni.
Dengan keyboard yang nyaman, browser web kencang serta support built in Microsoft Exchange, handset ini lumayan dilirik pebisnis dan menjadi rival kuat BlackBerry yang tenar di masa itu.


3. Nokia 3650 (April 2003)
Nokia pada zaman dahulu kerap merilis ponsel dengan bentuk yang tidak umum. Salah satu yang populer dan dianggap revolusioner adalah Nokia 3650.
Keyboardnya saja bergaya melingkar. Sedangkan fitur-fiturnya lumayan dipuji kala itu meski tentu saja sudah menjadi teknologi jadul untuk ukuran sekarang.
Seperti keberadaan kamera resolusi 640x480, perekam video, RealOne Video Player dan browser XHTML. Ponsel ini pun jadi favorit kawula muda.


4. Nokia 808 PureView (Juni 2012)
Symbian sudah sangat redup gaungnya pada tahun 2012. Namun OS ini malah bikin gebrakan karena dipakai sebagai sistem operasi sebuah ponsel dengan kamera monster.
Dengan kamera 41 megapixel, Nokia 808 PureView adalah sebuah gebrakan yang mengejutkan. Boleh dibilang, ini adalah ponsel dengan kamera terbaik sepanjang masa.
Sampai saat inipun, belum ada yang menandingi kapabilitas kamera 808 PureView. Sebuah tanda perpisahan yang manis bagi Symbian.


5. Nokia E90 (Desember 2007)
Seri Communicator pernah menuai popularitas tinggi. Salah satu nama terkenal dalam seri ini adalah Nokia E90.
Handset ini ukurannya jauh lebih portabel dibanding generasi sebelumnya. Dan menampilkan beragam fitur penting sehingga sedikit banyak bisa menggantikan laptop bagi para pebisnis.
Sayangnya saat itu harganya sekitar Rp 10 jutaan. Sehingga hanya kalangan tertentu saja yang bisa membelinya.


6. Nokia 6682 (Juni 2005)
Nokia 6682 ini mencetak hits yang lumayan pada zamannya. Kameranya yang beresolusi 1,3 megapixel sudah cukup memadai pada saat itu.
Ditambah lagi dengan fitur-fitur softwarenya yang melimpah. Misalnya untuk kebutuhan mengakses internet, user bisa menginstall web browser Opera.
Memang bentuk Nokia 6682 cukup gambot dan berat ditenteng. Namun finishing dan materialnya lumayan berkualitas khas Nokia.






7. Nokia N82 (Februari 2008)
Nokia dikenal cukup inovatif dalam soal teknologi kamera di ponselnya. Sepertti yang terdapat dalam Nokia N82 ini.
Nokia N82 adalah salah satu kamera pertama yang menggunakan fasilitas lampu flash sebagai penerangan. Adapun kameranya beresolusi 5 megapixel.
Pada masanya, handset ini bahkan disebut-sebut sebagai perangkat genggam dengan teknologi kamera yang paling berkualitas.


8. Nokia N8 (Oktober 2010)
Nokia N8 pernah menjadi jagoan Nokia untuk melawan Android dan iOS. Satu yang paling dijagokan di handset ini adalah kameranya yang berkekuatan 12 megapixel dengan optik Carl Zeiss.
Pada saat peluncurannya, belum ada ponsel dengan resolusi kamera sebesar itu. Ditambah perekam video kualitas definisi tinggi.
Ditunjang lagi dengan fitur-fiturnya sangat lengkap. Sedangkan bodinya terbuat dari metal dan desain lumayan baik.


9. Nokia 5800 (November 2008)
Nokia 5800 dirilis dengan berbagai fitur musik. Memang handset ini masuk dalam keluarga Xpress Music.
Betuknya yang trendi dan harga lumayan terjangkau membuatnya banyak diminati. Dalam kuartal pertama penjualannya, Nokia 5800 laku sekitar 2,6 juta unit.
Selain pemutar musik berkualitas, fitur lainnya tidak kalah mentereng. Seperti kamera 3,15 megapixel dengan dual LED Flash.


10. Nokia N-Gage QD (Juni 2004)
Nokia juga bikin terobosan dalam seri ponsel N-Gage. Ini adalah handset yang memadukan kapabilitas main game.
Desain Nokia N Gage QD memang ciamik dan menggambarkan sebagai sebuah mesin game. Berbagai game favorit yang bisa dimainkan seperti The Sims dan Tony Hawk.
Memang handset ini tidak terlalu sukses sesuai harapan Nokia. Namun tetap saja kehadirannya membawa inovasi dan kenangan tersendiri.


Meskipun sekarang Symbian telah tutup usia, setidaknya 10 tipe diatas sudah cukup untuk membuktikan kepada dunia bahwa Symbian pernah menguasai pasar ponsel sebelum hadirnya AndroidiOS, dan BlackBerry. Itu menurut saya, bagi para penggemar setia Symbian Bagaimana menurut Anda?

2 komentar: